Cari Blog Ini

Minggu, 17 November 2013

Reaksi Pada Senyawa Aromatik ( Kafein )

Kafeina atau lebih populernya kafein (C8H10N4O2), ialah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafein termasuk alkaloid golongann purin. Kafein adalah sebuah senyawa organik heterosiklik aromatik, yang terdiri dari cincin pirimidina dan cincin imidazola yang bergandeng sebelahan. kafein merupakan salah satu dari dua grup basa nitrogen. Kafein merupakan golongan yang membentuk nitrogen basa-nitrogen basa, termasuk kedua golongan basa nukleat. Dua dari keempat deoxyribonucleotide dan dua dari keempat ribonucleotide, yang merupakan bahan bangunan pokok dari DNA dan RNA, adalah purina.
Struktur kafein seperti pada gambar berikut ini.


Kafein adalah komponen alkaloid derivat xanthin yang berfungsi sebagai stimulan psikoaktif pada manusia. Memiliki pengaruh langsung pada sistem saraf pusat dan stimulan metabolik. Kafein menstimulan sistem saraf pusat dan menyebabkan peningkatan kewaspadaan, kecepatan dan kejelasan alur pikiran, peningkatan fokus, serta koordinasi tubuh yang lebih baik.
Chemical Structures of Caffeine and Adenosine
Atom nitrogen pada kafein bentuknya planar karena terletak di orbita hibrid sp3. Hal ini menyebabkan molekul kafein memiliki sifat aromatik. Umumnya kafein diperoleh sebagai produk sampingan proses dekafeinasi kopi, karena itu kafein jarang disintetis.
            Dari penelitian yang dipimpin oleh Monami Inoue dari National Cancer Center Tokyo terhadap 90.000 orang Jepang, terbukti bahwa konsumsi kopi menurunkan resiko kanker hati sampai separuhnya.Sebuah hasil penelitian terhadap 6.000 pria dan wanita yang dilaporkan oleh Framingham Heart Study menunjukkan bahwa tidak terdapat kaitan konsisten antara minum kopi dengan kadar kolesterol yang meninggi
 

Reaksi yang dapat dilakukan pada Kafein 

  • Untuk mengetahui kadar kafein pada Teh 
Kafein dapat bereaksi dengan iodium secara adisi, sehingga kadar kafein dapat diukur dengan larutan Iodium. Untuk reaksi adisi dengan kafein digunakan iodium berlebih, kelebihan iodium di analisa dengan titrasi redoks, yaitu penetapan kadar zat berdasarkan atas reaksi reduksi dan oksidasi (Syukri, 1999).
Iodium merupakan oksidator, sehingga untuk titrasi dibutuhkan reduktor untuk terjadinya reaksi redoks, misalnya Natrium Thiosulfat (Na2S2O3)
I2 + 2e- 2I-
2S2O32- S4O62- + 2e-
I2 + 2S2O32- 2I- + S4O62-
Untuk mengetahui kadar kafein, maka terlebih dahulu teh diekstraksi dengan alkohol. Kemudian larutan yang mengandung kafein ini ditambahkan larutan iodium yang telah diketahui volume dan konsentrasinya. Kelebihan iodium setelah terjadi reaksi adisi di titrasi dengan larutan natrium thiosulfat (Na2S2O3), sehingga iodium yang teradisi oleh kafein dapat dihitung. 

Manfai Kafein Bagi Kesehatan : 

1. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf.
Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

2. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat.
Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ‘sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.

3. Kafein mencegah gigi berlubang.
Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Kafein mengurangi derita sakit kepala.
Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.

5. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

6. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.

7. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.

8. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).

9. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

10. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

11. Kafein juga melindungi sakit jantung dan kanker

12. Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburan kaum adam.
-Mencegah gigi berlubang -Mengurangi derita sakit kepala -Melegakan nafas penderita asma -Membuat badan tidak cepat lelah -Meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar & energik -Mengurangi resiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis) -Meningkatkan penampilan mental & memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaganya : rangsangan, mood & konsentrasi -Menangkal radikal bebas & menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA. -Kafein juga melindungi jantung & kanker. -Mencegah penyakit parkinson. -Meningkatkan kesuburan pria.

Read more at http://uniqpost.com/38826/manfaat-kafein-bagi-kesehatan/

 


-Mencegah gigi berlubang -Mengurangi derita sakit kepala -Melegakan nafas penderita asma -Membuat badan tidak cepat lelah -Meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar & energik -Mengurangi resiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis) -Meningkatkan penampilan mental & memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaganya : rangsangan, mood & konsentrasi -Menangkal radikal bebas & menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA. -Kafein juga melindungi jantung & kanker. -Mencegah penyakit parkinson. -Meningkatkan kesuburan pria.

Read more at http://uniqpost.com/38826/manfaat-kafein-bagi-kesehata

PERTANYAAN : 

 Salah satu dari manfaat kafein adalah menstimulasi otak dan sistem saraf, namun di beberapa artikel dikatakan bahwa kafein dapat menghambat perkembangan otak pada remaja dan anak-anak. Bagaimana hal itu dapat terjadi ? Jelaskan !

 

3 komentar:

  1. Kafein benar-benar tidak baik untuk anak. Sejauh ini Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, tidak memiliki pedoman terkait berapa batas aman konsumsi kafein untuk anak-anak. Tapi pemerintah di Kanada memiliki beberapa pedoman. Untuk anak usia 4-6 tahun, asupan maksimum yang dianjurkan adalah 45 miligram per hari.
    otak anak-anak cenderung sedikit lebih sensitif terhadap kafein ketimbang otak orang dewasa.hal ini dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif. Bahkan menurutnya, kafein juga bisa membuat seorang anak selalu merasa grogi, cemas, mengalami masalah pada perut dan memicu masalah gangguan tidur.pada anak-anak yang memiliki masalah irama jantung (aritmia), kafein dapat meningkatkan rangsangan dalam jantung, yang dapat memperburuk aritmia.
    Efek samping kafein termasuk diantaranya peningkatan denyut jantung, hipertensi, peningkatan kecemasan dan gangguan tidur. Hal lain yang dapat memperburuk adalah fakta bahwa minuman berkafein memiliki kandungan gula yang tinggi. Bila anak terbiasa mengonsumsi lebih dari satu minuman manis setiap hari, patut diwaspadai karena ini bisa jadi tanda awal untuk perkembangan obesitas.

    BalasHapus
  2. saya akan mencoba menjawab permasalahan anda
    para peneliti melakukan eksperimen dengan menggunakan tikus di laboratorium. tikus-tikus itu diberi 300-400 miligram air berkafein,kandungan kafein sebanyak itu setara dengan 4 kaleng minuman berenergi atau tiga hingga empat cangkir kopi. hasilnya ketika tikus muda diberi air berkafein, mereka cenderung kurang tidur daripada saat meneguk air putih. sehingga proses pendewasaan otak mereka terhambat. Kekurangan tidur tersebut ditandai oleh gelombang otak mereka yang lambat sampai seminggu setelah pemberian kafein terakhir. Selain itu, koneksi saraf pada otak tikus-tikus itu jauh lebih banyak dibandingkan pada otak tikus-tikus yang hanya menerima air tawar. Hal itu menunjukkan bahwa mereka lebih lambat mengalami pendewasaan. Mereka terlihat lebih banyak diam, pemalu dan berhati-hati, sedangkan tikus-tikus yang diberi air tawar lebih aktif dan menunjukkan rasa ingin tahu — ciri umum pada tikus yang telah dewasa.
    tim peneliti menegaskan, meski terdapat perbedaan pada otak manusia dan tikus, namun banyak kesamaan dalam bagaimana otak berkembang.

    BalasHapus
  3. afein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

    Alkaloid secara umum mengandung paling sedikit satu buah atom nitrogen yang bersifat basa dan merupakan bagian dari cincin heterosiklik. Kebanyakan alkaloid berbentuk padatan kristal dengan titik lebur tertentu atau mempunyai kisaran dekomposisi. Alkaloid dapat juga berbentuk amorf atau cairan

    Efek kafein terutama adalah sebagai antagonis dari adenosine, dimana karena strukturnya mirip, maka kafein akan menggantikan posisi adenosine untuk berikatan dengan reseptor diotak. Adenosine sendiri merupakan neurotransmiter diotak yang menekan aktivitas sistem saraf pusat (neuro-depresan). Bagaimana kafein bisa meningkatkan aktifitas dari SSP masih belum bisa diketahui secara pasti, namun efek dari kafein ini bisa menyebabkan peningkatan aktivitas mental dan membuat seseorang tetap terjaga. Kafein juga meningkatkan hormon adrenalin dalam darah yang menyebabkan peningkatan aktivitas otot jantung dalam memompa darah dan meningkatkan tekanan darah, sehingga aliran darah keberbagai organ tubuh meningkat. Hal inilah yang mendasari perasaan segar atau hilangnya rasa lelah setelah mengkonsumsi kafein.

    BalasHapus