Cari Blog Ini

Sabtu, 02 November 2013

SENYAWA AROMATIK ( FENOL )


     


PENGERTIAN

Fenol atau asam karbolat atau benzenol adalah zat kristal tak berwarna yang memiliki bau khas. Rumus kimianya adalah C6H5OH dan strukturnya memiliki gugus hidroksil (-OH) yang berikatan dengan cincin fenil.
Fenol (fenil alcohol) merupakan zat padat yang tidak berwarna yang mudah meleleh dan terlarut baik didalam air. Dalam mencoba keasaman reaksi dalam zat-zat kimia seperti asam asetat, dan lain-lain banyak digunakan indicator, indicator seperti kertas lakmus.
Fenol yang diketahui fungsinya sebagai zat desinfektan yang umum dipakai orang. Berbeda dengan alcohol alifatik, fenol sebagai alcohol aromatic mempunyai sifat yang berbeda. Dalam air fenol sedikit terionisasi menghasilkan ion H+ dengan Ka = 10-10.

KARAKTERISTIK 


Fenol memiliki kelarutan terbatas dalam air, yakni 8,3 gram/100 ml. Fenol memiliki sifat yang cenderung asam, artinya ia dapat melepaskan ion H+ dari gugus hidroksilnya. Pengeluaran ion tersebut menjadikan anion fenoksida C6H5O yang dapat dilarutkan dalam air.
Dibandingkan dengan alkohol alifatik lainnya, fenol bersifat lebih asam. Hal ini dibuktikan dengan mereaksikan fenol dengan NaOH, di mana fenol dapat melepaskan H+. Pada keadaan yang sama, alkohol alifatik lainnya tidak dapat bereaksi seperti itu. Pelepasan ini diakibatkan pelengkapan orbital antara satu-satunya pasangan oksigen dan sistem aromatik, yang mendelokalisasi beban negatif melalui cincin tersebut dan menstabilkan anionnya.

SIFAT


 a. Mempunyai gugus hidroksi tetapi bukan termasuk golongan alkohol dan bukan pula termasuk basa 
 b.    Termasuk asam karbolat yang bersifat asam lemah 
 c.    Tidak berwarna dengan wujud padat tetapi mudah mencair dengan titik lebur 42 derajat celsius

 d.    Jika terkena fenol, kulit akan melepuh dan rusak
        e.    Dalam kehidupan sehari-hari fenol dikenal dengan karbol (lisol) yang digunakan sebagai disinfektan dengan pengawet kayu karena bakteri akan mati disebabkan mengalami kerusakan pada protein
          f.    Fenol bersifat mengkoagulasikan protein
       g.    Fenol digunakan sebagai bahan baku dalam sintesis zat warna, obat-obatan, pembuatan plastik.

KEGUNAAN 

Fenol dapat digunakan sebagai antiseptik seperti yang digunakan Sir Joseph Lister saat mempraktikkan pembedahan antiseptik. Fenol merupakan komponen utama pada anstiseptik dagang, triklorofenol atau dikenal sebagai TCP (trichlorophenol). Fenol juga merupakan bagian komposisi beberapa anestitika oral, misalnya semprotan kloraseptik.
Fenol berfungsi dalam pembuatan obat-obatan (bagian dari produksi aspirin, pembasmi rumput liar, dan lainnya. Selain itu fenol juga berfungsi dalam sintesis senyawa aromatis yang terdapat dalam batu bara. Turunan senyawa fenol (fenolat) banyak terjadi secara alami sebagai flavonoid alkaloid dan senyawa fenolat yang lain. Contoh dari senyawa fenol adalah eugenol yang merupakan minyak pada cengkeh

PERTANYAAN

Seperti yang kita ketahui, salah satu kegunaan dari fenol adalah sebagai antiseptik, bagaimana hal itu dapat terjadi? Sedangkan salah satu sifat fenol jika terkena kulit,kulit akan melepuh dan rusak?


 

7 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.Wr.Wb

    Baiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan anda..

    Fenol adalah zat pembaku daya antiseptik obat lain sehingga daya antiseptik dinyatakan dalam koefesien fenol. Mekanisme kerja fenol sebagai desinfektan yaitu dalam kadar 0,01%-1% fenol bersifat bakteriostatik. Larutan 1,6% bersifat bakterisid, yang dapat mengadakan koagulasi protein. Ikatan protein dengan fenol mudah lepas, sehingga fenol dapat berpenetrasi ke dalam kulit utuh. Larutan 1,3% bersifat fungisid, berguna untuk sterilisasi ekskreta dan alat kedokteran.

    Senyawa turunan fenol berinteraksi dengan sel bakteri melalui proses adsorpsi yang melibatkan ikatan hidrogen. Pada kadar rendah terbentuk kompleks protein fenol dengan ikatan yang lemah dan segera mengalami peruraian, diikuti penetrasi fenol ke dalam sel dan menyebabkan presipitasi serta denaturasi protein. Pada kadar tinggi fenol menyebabkan koagulasi protein sel dan membran sitoplasma mengalami lisis..

    BalasHapus
  2. Baiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan di atas.Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu,antiseptik adalah zat yang dapat menghambat atau menghancurkan mikroorganisme pada jaringan hidup.Dalam kehidupan sehari-hari, fenol dikenal sebagai karbol atau lisol yang berfungsi sebagai desinfektan atau dapat membunuh mikroorganisme fatogen pada benda mati.Fenol digunakan sebagai antiseptik karena dapat membunuh bakteri.Fenol merupakan salah satu antiseptikum tertua dengan khasiat bakterisid dan fungisid, juga terdapat basil dan spura, walaupun memerlukan waktu yang lebih lama.Mekanisme kerjanya berdasarkan denaturasi protein sel bakteri.karena sifat mendenaturasi juga berlaku untuk jaringan utuh manusia.Fenol juga berdaya korosit (membakar) terhadap kulit dan sangat merangsang sehingga jarang digunakan sebagai antiseptikum kulit, berdasarkan sifat anestetik adakalanya senyawa ini digunakan dalam lotion antigatal.

    BalasHapus
  3. Antiseptik ialah obat yang dapat meniadakan atau mencegah keadaan sepsis.Antiseptik ialah zat yang digunakan untuk membunuh atau mencegah pertumbuhanmikrooranisme, biasanya merupakan sediaan yang digunakan pada jaringan hidup.

    Ciri suatu antiseptik yang baik adalah stabilitas perubahan yang terjadi pada substansi bila dibiarkan beberapahari harus seminimal mungkin dan tidak boleh menghilangkan sifatantimikrobialnya secar nyata.

    Fenol dimasukan kedalam senyawa rubefaksi,merupakan kelompok senyawa kimia iritansia yang mempunyai daya kerja lemah.Fenol merupakan zat pembaku daya antiseptik obat lain sehinggadaya antiseptik dinyatakan dengan koefisien fenol. Obat ini bukan antiseptik yangkuat. Banyak obat lain yang mempunyai daya antiseptik lebih kuat.
    Dalam kadar0,01-1%, fenol bersifat bakteriostatik. Larutan 1,6% bersifat bakterisid, yang dapatmengadakan koagulasi protein. Ikatan fenol denga protein mudah lepas.

    BalasHapus
  4. Klw pewarna untk bensin itu apa

    BalasHapus
  5. Klw pewarna untk bensin itu apa

    BalasHapus